Manfaat dan Tips

[Infografis] – Ini Dia, Warna Urine yang Sehat dan Normal

Ini Dia, Warna Urine yang Sehat dan Normal

Pernahkah Anda terjebak macet dengan kondisi ingin buang air kecil yang amat sangat..?

Pasti tersiksa tentunya..

Dan begitu Anda menemui toilet umum, lalu kencing disitu, rasanya merdeka, lega dan nikmat sekali sampai ke ubun-ubun, sampai membuat tubuh Anda bergidig.. 😊

Padahal yang Anda keluarkan itu adalah racun. Ini membuktikan bahwa membuang racun dalam tubuh saja adalah nikmat yang Allah berikan kepada manusia.

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Q.S Ar Rahman : 13)

Fungsi utama air kencing atau urine adalah membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh. Urine sendiri adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi [1].

Urine mengandung urea yang dapat menjadi sumber nitrogen untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan kompos. Bahkan beberapa tahun terakhir, terapi urine marak dilakukan dibeberapa negara.

Padahal Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menegaskan untuk melarang melakukan pengobatan dengan yang haram,

Dari Abu Hurairah berkata,

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang dari obat yang khobits (yang haram atau kotor)”. (HR. Abu Daud No 3870, Tirmidzi No 2045 dan Ibnu Majah No 3459. Al Hafizh Abu Tohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Bagi Anda yang pernah medical checkup di laboratorium kesehatan, tidak aneh lagi dengan namanya cek urine. Ini menandakan bahwa dari urine kita bisa mendeteksi apakah seseorang sedang mengalami tanda-tanda penyakit tertentu atau tidak.

Fungsi praktis dari urine bagi Anda adalah dengan menjadikan warna urine sebagai indikator dehidrasi.

Orang yang tidak menderita dehidrasi akan mengeluarkan urine yang bening atau jernih. Sedangkan jika sedang dehidrasi akan mengeluarkan urin berwarna kuning pekat sampai cokelat.

Infografis dibawah ini akan menunjukan apa saja warna urine yang sehat dan normal.

[Infografis] – Ini Dia, Warna Urine yang Sehat dan Normal

Jangan panik jika Anda melihat perubahan warna pada urine Anda. Perubahan warna pada urine adalah alarm dini, bukan cara diagnosis akhir suatu penyakit.

Ada banyak alasan mengapa urine Anda berubah warna, bisa berbahaya atau bisa juga hanya karena gangguan metabolisme ringan akibat mengkonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu.

Jika Anda masih ragu segera konsultasikan kepada dokter..

[1] Wikipedia

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *